Hasil Pertemuan Ketiga dan Perubahan Agenda Kegiatan Pertemuan Keempat dan Kelima

Dari hasil pertemuan ketiga kemarin, forum MGMP telah menyelesaikan:
1. Soal Ujian Sekolah Bersama
2. Penentuan Guru model dan sekolah tempat dilaksanakannya LS
3. Perubahan jadwal pelaksanaan LS

Terkait soal US Bersama, forum telah menyelesaikan lebih cepat berhubung jadwal pelaksanaan US yang dimajukan. Penyelesaian lebih cepat itu dilakukan secara 'offline' (di luar jadwal MGMP oleh tim inti).

Terkait penentuan guru model dan tempat pelaksanaan LS, terpilihlah Bu Husnul dan Pak Hendra bertempat di SMPN 1 Tanta.

Terkait perubahan jadwal kegiatan kegiatan MGMP, sebagaimana jadwal yang telah tersusun, 20 Maret adalah pelaksanaan Open Class Lesson Study. Namun berhubung pada tanggal 20 Maret tersebut masih Ujian Sekolah, sehingga ditunda menjadi tanggal 1 Mei. Jelasnya, agenda kegiatan tanggal 20 Maret dipindah ke pertemuan tanggal 1 Mei, dan agenda pertemuan 1 Mei ditukar ke tanggal 20 Maret.

Jadwal sebelumnya:
4.Rabu, 20 Maret 2013
Pelaksanaan LS dan Refleksi
Tempat belum ditentukan

5.Rabu, 1 Mei 2013
Pembagian Tugas dan Pembuatan Soal UAS Bersama Berdasarkan Kisi-kisi yang telah disusun
SMPN 1 Tanjung

Setelah diadakan perubahan:
4.Rabu, 20 Maret 2013
Pembagian Tugas dan Pembuatan Soal UAS Bersama Berdasarkan Kisi-kisi yang telah disusun
SMPN 1 Tanjung
Agenda tambahan: Presentasi dan pembahasan RPP Model.

5.Rabu, 1 Mei 2013
Pelaksanaan LS dan Refleksi (Guru Model I)
Tempat : SMPN 1 Tanta

Jadwal lengkap selanjutnya:
6.Rabu, 15 Mei 2013
Persiapan akhir Pembuatan Soal UAS Bersama dan Perencanaan LS Berupa Penyusunan RPP Model dan Penentuan Guru Model
SMPN 1 Tanjung

7.Rabu, 29 Mei 2013
Pelaksanaan LS dan Refleksi (Guru Model II)
Tempat belum ditentukan

8.Rabu, 31 Juli 2013
Pelaksanaan LS dan Refleksi (Guru Model III)
Tempat belum ditentukan

9.Rabu, 25 September 2013
Pelaksanaan LS dan Refleksi (Guru Model IV)
Tempat belum ditentukan

10.Rabu, 23 Oktober 2013
Pelaksanaan LS dan Refleksi (Guru Model V) dan Evaluasi Kegiatan
Tempat belum ditentukan

Keterangan: Tempat pelaksanaan Lesson Study disesuaikan dengan tempat tugas anggota yang menjadi guru model atau kesepakatan bersama jika tempat tugas terlalu jauh bagi sebagian besar anggota MGMP.
Suka artikel ini?
...
Anak-anak itu dinamis: Mereka ingin bergerak, ingin mencoba-coba, ingin berkreasi, dll. Banyak-banyak belajar untuk merelakan ruangan berantakan, halaman sedikit acak-acakan, perabotan berubah fungsi dan bertebaran, merupakan bantuan orang tua yang amat berharga agar sikap dinamis dan kreatif anak-anak itu tetap terpelihara.

Memperkenalkan nama-nama benda pada anak usia dini mungkin kelihatan sepele, sehingga tak jarang justru diabaikan dan ditunda-tunda. Padahal mengenal nama-nama benda (sekalipun hanya nama jenis-jenis bumbu atau perabotan rumah) akan mempermudah anak dalam berkomunikasi.

Kemampuan membaca, sains, dan matematika itu penting; tetapi tidaklah tepat jika memaknai KECERDASAN/KEJENIUSAN seorang anak hanya dari 3 indikator tersebut. Betapa banyak orang tua yang akhirnya menganggap anaknya bukan anak yang cerdas karena stereotype yg sempit itu.

Kedisiplinan pada anak-anak akan terbentuk secara perlahan-lahan jika aturan yang kita tetapkan jelas, anak tahu alasannya, dan diterapkan secara konsisten.

Persepsi orang tua terhadap anak-anaknya, entah yang bentuknya positif (seperti pintar, sabar, baik) ataupun yang negatif (ceroboh, nakal, pembangkang, dll) mau tidak mau juga akan mempengaruhi cara anak-anak mempersepsi dirinya.

Salah satu cara untuk menumbuhkan kebiasaan berpikir mendalam pada anak-anak adalah dengan mengajak mereka mengamati benda2 atau kejadian-kejadian dan mendiskusikannya. Ada yang pernah melakukannya juga? Jika belum, silakan dicoba. Obrolan dengan anak-anak tak hanya mencerdaskan mereka tapi juga orang tuanya :)

Adalah penting memuji anak setelah mereka menunjukkan perilaku baik ataupun karya mereka. Tapi bagaimana memuji tanpa membuat mereka menjadi sombong? Selalu-lah kaitkan segala "prestasi" ataupun karunia yang mereka miliki dengan kemurahan Tuhan Yang Maha Pemurah. Sikap rendah hati tidaklah muncul dengan sendirinya melainkan hasil pendidikan.

Komunitas

Kegiatan