Berikut nama anggota yang aktif di kegiatan Lesson Study tahun 2012:
- DEWI SARTIKA, S.Pd.
- DIAN NOPIANTI, S.Pd.
- Dra. SURATMI
- ERI ERNAWATI
- FITRYANI, S.Pd.
- GUSTI SUWARTI, S.Pd.
- HATMAH, S.Pd.
- HENY HERLIANNOOR, S.Pd
- Hj. JANNATUN ALIAH, S.Pd.
- Hj. KHAIRUNNISA, S.Ag.
- HUSNUL KHOTMAWATI
- IDA APRIANI, S.Pd.
- IDA JURAIDA, S.Pd.
- IKHWAN JULI KIFWANTO, S.Pd.
- IRINA, S.Pd.
- IRMA, S,Pd.I
- ISEU WIDIARTINA
- JAINUDDIN, S.Pd
- MAHJUWITA, S.Ag
- MIFTAHUL JANNAH
- MOHD. NOR
- MULIANI, S.Pd.
- NANING KRISGIYANTO, S.Pd.
- NOR ANISAH, S.Pd.
- NORHALIDIAH, S.Pd.
- NOVITA FATRIYANA
- PENTALIA
- RAHMAWATI, S.Pd
- SRI IZAWATI, S.Pd.
- SRINAWATI, S.Pd.
- TAUFIK AKBAR
- USWATUL LAENAH
- WAHYUDI
- YADI KARNADI, M.Pd.
- INDAH LISTRIAWATI, S.Pd
- KHAIRIAH, S.Pd
- HJ.MASKANAH
- INDAH ANGGRAINI, S.Pd
- FARIDATUL BAHIYAH, S.Pd
...
Anak-anak itu dinamis: Mereka ingin bergerak, ingin mencoba-coba, ingin berkreasi, dll. Banyak-banyak belajar untuk merelakan ruangan berantakan, halaman sedikit acak-acakan, perabotan berubah fungsi dan bertebaran, merupakan bantuan orang tua yang amat berharga agar sikap dinamis dan kreatif anak-anak itu tetap terpelihara.
Memperkenalkan nama-nama benda pada anak usia dini mungkin kelihatan sepele, sehingga tak jarang justru diabaikan dan ditunda-tunda. Padahal mengenal nama-nama benda (sekalipun hanya nama jenis-jenis bumbu atau perabotan rumah) akan mempermudah anak dalam berkomunikasi.
Kemampuan membaca, sains, dan matematika itu penting; tetapi tidaklah tepat jika memaknai KECERDASAN/KEJENIUSAN seorang anak hanya dari 3 indikator tersebut. Betapa banyak orang tua yang akhirnya menganggap anaknya bukan anak yang cerdas karena stereotype yg sempit itu.
Kedisiplinan pada anak-anak akan terbentuk secara perlahan-lahan jika aturan yang kita tetapkan jelas, anak tahu alasannya, dan diterapkan secara konsisten.
Persepsi orang tua terhadap anak-anaknya, entah yang bentuknya positif (seperti pintar, sabar, baik) ataupun yang negatif (ceroboh, nakal, pembangkang, dll) mau tidak mau juga akan mempengaruhi cara anak-anak mempersepsi dirinya.
Salah satu cara untuk menumbuhkan kebiasaan berpikir mendalam pada anak-anak adalah dengan mengajak mereka mengamati benda2 atau kejadian-kejadian dan mendiskusikannya. Ada yang pernah melakukannya juga? Jika belum, silakan dicoba. Obrolan dengan anak-anak tak hanya mencerdaskan mereka tapi juga orang tuanya :)
Adalah penting memuji anak setelah mereka menunjukkan perilaku baik ataupun karya mereka. Tapi bagaimana memuji tanpa membuat mereka menjadi sombong? Selalu-lah kaitkan segala "prestasi" ataupun karunia yang mereka miliki dengan kemurahan Tuhan Yang Maha Pemurah. Sikap rendah hati tidaklah muncul dengan sendirinya melainkan hasil pendidikan.