Daftar Nama Anggota yang Aktif di Kegiatan Lesson Study 2012

Berikut nama anggota yang aktif di kegiatan Lesson Study tahun 2012:
  1. DEWI SARTIKA, S.Pd.
  2. DIAN NOPIANTI, S.Pd.
  3. Dra. SURATMI
  4. ERI ERNAWATI
  5. FITRYANI, S.Pd.
  6. GUSTI SUWARTI, S.Pd.
  7. HATMAH, S.Pd.
  8. HENY HERLIANNOOR, S.Pd
  9. Hj. JANNATUN ALIAH, S.Pd.
  10. Hj. KHAIRUNNISA, S.Ag.
  11. HUSNUL KHOTMAWATI
  12. IDA APRIANI, S.Pd.
  13. IDA JURAIDA, S.Pd.
  14. IKHWAN JULI KIFWANTO, S.Pd.
  15. IRINA, S.Pd.
  16. IRMA, S,Pd.I
  17. ISEU WIDIARTINA
  18. JAINUDDIN, S.Pd
  19. MAHJUWITA, S.Ag
  20. MIFTAHUL JANNAH
  21. MOHD. NOR
  22. MULIANI, S.Pd.
  23. NANING KRISGIYANTO, S.Pd.
  24. NOR ANISAH, S.Pd.
  25. NORHALIDIAH, S.Pd.
  26. NOVITA FATRIYANA
  27. PENTALIA
  28. RAHMAWATI, S.Pd
  29. SRI IZAWATI, S.Pd.
  30. SRINAWATI, S.Pd.
  31. TAUFIK AKBAR
  32. USWATUL LAENAH
  33. WAHYUDI
  34. YADI KARNADI, M.Pd.
  35. INDAH LISTRIAWATI, S.Pd
  36. KHAIRIAH, S.Pd
  37. HJ.MASKANAH
  38. INDAH ANGGRAINI, S.Pd
  39. FARIDATUL BAHIYAH, S.Pd
Suka artikel ini?
...
Anak-anak itu dinamis: Mereka ingin bergerak, ingin mencoba-coba, ingin berkreasi, dll. Banyak-banyak belajar untuk merelakan ruangan berantakan, halaman sedikit acak-acakan, perabotan berubah fungsi dan bertebaran, merupakan bantuan orang tua yang amat berharga agar sikap dinamis dan kreatif anak-anak itu tetap terpelihara.

Memperkenalkan nama-nama benda pada anak usia dini mungkin kelihatan sepele, sehingga tak jarang justru diabaikan dan ditunda-tunda. Padahal mengenal nama-nama benda (sekalipun hanya nama jenis-jenis bumbu atau perabotan rumah) akan mempermudah anak dalam berkomunikasi.

Kemampuan membaca, sains, dan matematika itu penting; tetapi tidaklah tepat jika memaknai KECERDASAN/KEJENIUSAN seorang anak hanya dari 3 indikator tersebut. Betapa banyak orang tua yang akhirnya menganggap anaknya bukan anak yang cerdas karena stereotype yg sempit itu.

Kedisiplinan pada anak-anak akan terbentuk secara perlahan-lahan jika aturan yang kita tetapkan jelas, anak tahu alasannya, dan diterapkan secara konsisten.

Persepsi orang tua terhadap anak-anaknya, entah yang bentuknya positif (seperti pintar, sabar, baik) ataupun yang negatif (ceroboh, nakal, pembangkang, dll) mau tidak mau juga akan mempengaruhi cara anak-anak mempersepsi dirinya.

Salah satu cara untuk menumbuhkan kebiasaan berpikir mendalam pada anak-anak adalah dengan mengajak mereka mengamati benda2 atau kejadian-kejadian dan mendiskusikannya. Ada yang pernah melakukannya juga? Jika belum, silakan dicoba. Obrolan dengan anak-anak tak hanya mencerdaskan mereka tapi juga orang tuanya :)

Adalah penting memuji anak setelah mereka menunjukkan perilaku baik ataupun karya mereka. Tapi bagaimana memuji tanpa membuat mereka menjadi sombong? Selalu-lah kaitkan segala "prestasi" ataupun karunia yang mereka miliki dengan kemurahan Tuhan Yang Maha Pemurah. Sikap rendah hati tidaklah muncul dengan sendirinya melainkan hasil pendidikan.

Komunitas

Kegiatan